- Kandungan Ikan Nila, Makanan Ibu Menyusui yang Kaya akan Omega-3: Kemungkinan penyebab kulit tiba-tiba gatal, dari alergi sampai leukemia

Rabu, 09 Januari 2019

Kemungkinan penyebab kulit tiba-tiba gatal, dari alergi sampai leukemia

Kemungkinan penyebab kulit tiba-tiba gatal, dari alergi sampai leukemia,- Kulit yang terasa gatal memang sangat tidak nyaman. Apalagi kalau datangnya tiba-tiba dan tak kunjung sembuh. Kadang bahkan menjalar sampai ke bagian tubuh yang lain. Jika digaruk rasanya semakin gatal. Tidak digaruk rasanya tak tertahankan.

Rasa gatal di kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Dengan memperhatikan kulit lebih seksama bisa diketahui pemicunya. Walaupun begitu, memeriksa kulit dengan mata telanjang tak selalu dapat membantu menentukan penyebab kulit gatal Anda. Gatal juga bisa terjadi tanpa benjolan, lepuh, ruam, bintil, atau kelainan kulit lain.

Kurap

Kurap adalah infeksi di daerah pangkal paha atau selangkangan yang disebabkan oleh perkembangbiakan jamur. Kondisi kulit ini terutama ditemukan pada remaja dan dewasa pria, tetapi perempuan segala usia mungkin bisa memilikinya juga.

Tinea cruris, nama medis dari kurap, terjadi di daerah yang hangat dan lembap, dan sering muncul bersamaan dengan kaki jamuran. Kurap biasanya akan ditemukan di dekat lipatan paha atas, dan dapat diidentifikasi dengan gatal tiba-tiba di daerah selangkangan dan kulit yang bersisik.

Kurap umumnya diperparah oleh kelembapan dan gesekan konstan di area pangkal paha yang datang dari keringat dan pakaian. Bedak jamur non-resep dapat menyembuhkan kasus kurap ringan hingga sedang, sementara kasus infeksi berat memerlukan resep dokter.

Kulit kering

Jika Anda tidak melihat adanya ruam kemerahan atau perubahan dramatis lain pada area yang gatal, kulit kering (xerosis) mungkin penyebabnya. Kondisi kulit kering bukan sesuatu yang serius, tetapi bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Ketika kulit menjadi kering, sel akan mengerut, sehingga timbul keriput dan garis-garis halus.

Kulit mungkin terasa tegang tertarik atau tampak menyusut. Anda mungkin juga akan melihat pada kulit Anda timbul sisik, serpihan, atau kulit yang mengelupas pada kulit gatal ringan hingga sedang.

Kulit kering biasanya merupakan kondisi yang umum terjadi karena usia atau faktor lingkungan, seperti berada di tempat dingin lama, mandi/berendam air hangat terlalu lama, sabun berbahan keras, bahan pakaian gatal, iritasi akibat produk-produk tertentu (misalnya logam atau parfum tertentu), hingga salah pakai produk pelembap kulit.

Reaksi obat

Antibiotik, obat antijamur, atau penghilang nyeri narkotik dapat menyebabkan gatal tiba-tiba yang meluas di seluruh area. Namun, sebagian besar reaksi obat akan menimbulkan ruam bersamaan dengan gatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar